Rabu, 28 Maret 2012

Kekerasan Seksual ( Psikologi Seksual )

wah serem banget nih bro & sist gua lagi mau membicarakan tentang Kekerasan Seksual, tapi jangan terlalu berpikiran jauh dulu guys. Oke yang pertama mari kita berbicara mengenai apa sih sebenarnya kekerasan seksual itu, Kekerasan Seksual adalah Setiap tindakan baik berupa ucapan atau tindakan yang dilakukan seseorang untuk menguasai atau memanipulasi orang lain serta membuatnya terlibat dalam aktifitas seksual yang tidak dikehendaki.


 Lalu Kekerasan Seksual itu dapat muncul dalam bentuk :
  • Pelecehan seksual yang meliputi meraba, menyentuh organ seksual, mencium secara paksa, merangkul, serta perbuatan lain yang menimbulkan rasa muak/jijik, terteror, terhina, dan dikendalikan. Mungkin ditambahkan pandangan atau kata - kata yang melecehkan.
  • Perkosaan atau percobaan perkosaan
  • Kekerasan Seksual oleh pasangan seperti memaksa pasangan hamil atau sebaliknya memaksa pasangan memakai alat kontrasepsi sengaja menularkan penyakit seksual, sengaja membuat pasangan malu,terhina atau direndahkan denga posisi seksual tertentu, menggunakan benda2 yang menyakitkan untuk melakukan hub.seksual.
  • Kekerasan seksual terhadap anak - anak seperti menyentuh anggota tubuh pribadi mereka untuk menyalurkan hasrat seksual, secara sengaja melakukan masturbasi atau berhubungan seksual di depan anak2, menggunakan anak2 dalam pornografi dan prostitusi.
Fakta Yang Salah Tentang kekerasan seksual

 Korban ( pada umumnya perempuan ) dianggap bertanggung jawab karena berpakaian atau bertingkah laku tertentu mengundang pelaku melakukan kekerasan seksual. Ini tentu saja tidak dapat dibenarkan. Kekerasan seksual terjadi karena pelaku merasa berhak untuk mengambil keuntungan dari korban tidak akan melapor karena takut, malu, atau merasa tidak akan dipercaya ceritanya.


Dampak Terhadap orang yang melewati suatu peristiwa traumatik

 Dampak dari kekerasan seksual umumnya bisa sangat mengahancurkan dan melemahkan seseorang. Mulai dari depresi, gangguan kecemasan, panik, hilangnya kepercayaan terhadap orang lain, luka fisik, kehamilan yang tidak dikehendaki, infeksi penyakit menular seksual, HIV/AIDS, hingga gangguan stress pasca trauma dll. Kekerasan seksual bisa menimbulkan dampak yang sama beratnya secara psikis maupun fisik, meskipun derajat, frekuensi, dan waktu kejadian kekerasaan berbeda. 

Apa yang harus anda lakukan jika anda baru saja mengalamii kekerasan seksual ???

  • Tenangkan diri anda dahulu, yakinkan diri anda bahwa perasaan marah, sedih, malu, takut, dan tidak berdaya yang anda alami adalah suatu hal yang wajar.
  • Jauhkan diri anda dari pelaku. Cari lokasi yang aman, hubungi teman atau kerabat untuk menemani.
  • Jika ada luka fisik, segera obati di klinik atau rumah sakit terdekat dan tersimpan bukti - bukti pemeriksaan nota pembayaran rumah sakit.
  • Laporkan kejadian tersebut pada pihak yang berwajib, jika anda takut berceritalah pada orang orang terdekat anda percaya atau hubungi nomor hotline lembaga peduli pada orang yang telah melewati suatu peristiwa traumatik kekerasaan seksual
  • Apapun yang dikatakan oleh pelaku, anda sama sekali tidak bertanggung jawab atas terjadinya kekerasan tersebut.
  • Pahamilah bahwa pelakulah yang salah dan harus bertanggung jawab.

 
Thanks to : yayasan pulih indonesia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar