Rabu, 22 Januari 2014

Pejuang tak harus bersentajakan Pistol Cuy !

Asyik banget menonton film-film perjuangan, juga berbagai macam film action. Saya sampai bisa ikut merasakan, betapa gigih dan dahsyatnya perjuangan mereka membela negara, teman-teman seperjuangan dan lain-lain. Segala daya upaya dikerahkan sepenuhnya untuk melawan musuh baik tenaga, kecerdasan, strategi dan modal kekuatan persenjataan agar menang dalam peperangan. Resiko terberat pun dihadapi dengan jantan. Ada yang hancur kakinya, pecah kepalanya, atau wah masih banyak lagi deh ya kali gua jelasin semua gak etis ntr lo pada muntah muntah cuy, beberapa yang tewas karena terkena dahsyatnya ledakan granat dan mesiu saat terjadinya peperangan. Semua itu mereka pertaruhkan untuk Negara, teman rekan satu tim dst agar mereka bisa selamat guna mencapai suatu tujuan yang sama.


Ada sebuah film drama perang "life is beautiful" cukup membuat perasaan terdalam gua atau mungkin kalian yang belum menonton (nonton dulu gih haha) masa iya belum nonon udah berkomentar hehehe (oke oke jgn pada marah selow selow). Oke lanjut pada fileemm yang berjudul Life is beautiful bercerita, yang menggambarkan sosok ayah yang sederhana dimana selalu berusaha untuk dapat menghibur anaknya walaupun kondisinya tidak mungkin untuk dapat tertawa. Namun sang ayah berusaha untuk tertawa dan menghibur untuk anaknya...hanya ingin melihat anaknya bahagia dalam berbagai kondisi yang ada. Tuhkan baru beberapa kalimat aja udah pada diem dah cengok hehe. Iya menurut gua sih pribadi itu udah mencakup perasaan hebatnya Sang Ayah hehehe.

 

Tak terbayangkan, bagaimana heroiknya lagi jika kita bisa menikmati film-filmnya perjuangan Bung Tomo, Panglima Sudirman atau Pangeran Diponegoro melawan para penjajah, ya ya ya pahlawan dalam Negerii Cuy masa kita lupa ya ga ya gak. Mungkin darah kita akan mendesir merasakan berada di tengah-tengah pertempuran mereka membela kehormatan bangsa.

 

Hancur badan atau nyawa melayang tentu sudah resiko dalam hebatnya sebuah peperangan. Dan tentu sudah diperhitungkan sebelumnya. Walaupun mati adalah resiko terberat dalam sebuah perjuangan, karena artinya dia sendiri tidak akan bisa menikmati perjuangan tersebut (itupun ya kalo kita berhasil cuy haha).

 

Tapi tetap saja pejuang itu pantang menyerah. Baginya, arti kematian dirinya mungkin tidaklah begitu berarti. Namun itu akan sangat berarti bagi pejuang lainnya, menjadi cambuk semangat dan inspirasi bagi pejuang-pejuang penerus berikutnya.

 

Yang jadi pertanyaan, bagaimana jika kita bukan tentara atau jendral dalam perang? Bahkan seorang tentara ataupun jendral ketika tidak ada peperangan akan sulit mengejawantahkan arti kepahlawanan jika tanpa pertempuran. Lalu, bagaimana dengan kita?

 

Profesi paling melekat dengan kepahlawanan, selain perjuangan dalam peperangan adalah atlet olah raga atau ikut dalam kompetisi tertentu. Mungkin mudah bagi mereka untuk membela negara, mengharumkan atau berjuang demi nama baik bangsa. Akan tetapi, bagaimana jika kita seorang wiraswasta, dosen, mahasiswa, guru, pedagang atau bahkan petani atau nelayan?

 

Amat banyak dari kita kadang terlalu menganggap remeh diri kita sendiri, bahkan merendahkan martabat sendiri. Saya pernah membaca berita, katanya banyak orang yang sebenarnya mampu, tapi lebih memilih tidak malu mengaku sebagai orang miskin agar bisa mendapatkan jatah BLT (Bantuan Langsung Tunai). Tentu dia lebih senang menerima sumbangan (rela dianggap orang miskin), daripada berjuang jadi orang terhormat (yang bisa menyumbang misalnya).

 

Selebihnya, jika bertanya pada diri sendiri. Siapa kita? jawabannya malah dikonotasikan kurang terhormat, kurang berderajat, atau kurang elit. Kita lebih senang mengkonotasikan diri kita sebagai kaum rata-rata, orang biasa-biasa saja. Akhirnya karena sudah sugesti, ya tetap saja jadi orang biasa. kebiasaan deh jadinya Cuy hehe

 

Padahal, jika kita berani memikirkan yang besar, yang positif dan membangun. Kita orang Insya Allah juga bisa menjadi besar. Besar yang dipikirkan, besar yang dilakukan, dan akan besar pula impactnya bagi kehidupannya.

 

Berpikir Besar

Untuk bisa berfikir besar, memang dibutuhkan keyakinan. Untuk memiliki keyakinan dibutuhkan ilmu dan pengalaman. Nah, oleh karena itu, ilmulah titik utamanya. Sehingga mengapa Al-Qur’an sangat mengutamakan menuntut ilmu.

 

Akan tetapi, seringakali orang menuntut ilmu tidak dengan semangat / motivasi yang besar. Dia hanya mengikuti ritme linier, menurut kurikulum yang ada. Sehingga, banyak dari sarjana yang lulus, akan tetapi tidak memiliki visi dan semangat perjuangan. Ini juga bisa menjadi ketimpangan tersendiri.

 

Yang ideal adalah menuntut ilmu dengan semangat perjuangan. Semangat perjuangan bukan hak asasi para pejuang kemerdekaan, olahragawan, atau pahlawan bangsa. Semangat juang adalah hak tiap warga negara yang ingin membela bangsa dan negaranya. Boleh mahasiswa, boleh pengusaha, boleh petani atau nelayan.

 

Akhirnya, yang menjadi fokus dari semua nilai perjuangan adalah niat. Meluruskan niat agar memiliki sikap kepahlawanan butuh perenungan dan berpikir. Memang tidak mudah memiliki semangat juang pahlawan kalau jadi seorang petani. Tidak mudah pula untuk seorang ibu rumah tangga.

 

Akan tetapi Allah sudah mentakdirkan kita menjadi apa yang saat ini kita hadapi. Tinggal bagaimana kita bisa mensyukuri semua rezeki juga kelimpahan berkah-Nya, menjalani dan mengisinya, dengan semangat perjuangan bak pahlawan. Menjadi bangsa sejati, berjuang segenap jiwa dan raga membela kehormatan bangsa dan negara dengan segenap kemampuan yang ada. Sehingga, kalaupun kita mati di hutan, yang tak seorang pun tahu jasadnya, kita masih bisa tersenyum dan bangga. Bahwa kita sudah bisa menjadi pahlawan sejati, mengabdikan segenap hidup kita dengan penuh abdi.

 

terima kasih untuk inspirasinya Mas Seta (Humanika Consult)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar