Rabu, 06 Juni 2012

Tata cara Interview

Bagi sang pelamar kerja wajib untuk menjaga & memperhatikan penampilan -penampilan : yg penting pakaian harus rapi, tidak harus selalu hitam putih juga tidak apa2, udh jadul itu mah, jgn pake bahan kaos az, pake juga sepatu yg tertutup



di saat interview :
1. pertama masuk ruangan intervw lngsung berjabat tangan dan memperkenalkan diri, maksud'a menyebutkan nama
2. setelah itu jgn langsung duduk, tunggu smpe kita d persilahkan duduk
3. saat anda duduk harus tegak
4. ketika ditanya, pandangan kita harus melihat kemata orang yg mengintrvew kita
4. jangan tegang dan gugup, karna itu akan mencerminkan kita tidak profesional
5. jika sudah selesai jangan lupa ucapkan terima kasih dan berjabat tangan lagi

sopan, tidak menantang pewawancara, jangan berdebat dengan interviewer, jangan menjelekkan kantor/perusahaan sebelumnya, berikan suatu alasan yg rasional kenapa melamar kerja, tidak perlu menjanjikan suatu cita2 yang hebat untuk kemajuan perusahaan, jelaskan yg anda tau, tidak sotoy, jangan menanyakan soal gaji terlebih dahulu rambut diikat ke belakang, cowok potongan rambut rapi, make up tdk berlebihan, hp/ponsel dimatikan.



oh ya ada lagi nih pesen petuah dari ane kali aja mau diikutin soalnya lumayan lah tips nya brother Strategi wawancara kerja : 

Mempersiapkan

Pelamar mencari kerja susah payah, namun saat panggilan wawancara datang, mereka tidak menyiapkannya secara matang. Kesempatan yang ada belum tentu datang dua kali. Suksesnya wawancara kerja tergantung dari persiapan pelamar kerja. Cari tahu segala hal tentang perusahaan yang memanggil Anda wawancara. Melalui web, majalah bisnis atau dari teman yang bekerja di perusahaan tersebut, dengan begitu Anda mengetahu visi misi, budaya kerja dan kriteria seperti apa yang dicari oleh perusahaan.

 
Memiliki tujuan dan kelebihan yang jelas

Ketahuilah tujuan dan kelebihan Anda. Serta siapkan diri untuk menjelaskan semua kelebihan Anda kepada pewawancara. Jelaskan contoh spesifik perubahan yang akan terjadi bila Anda menjalani jabatan yang ditawarkan.

Jangan berbicara terlalu banyak

Jika Anda tidak jelas tentang pertanyaan oleh si pewawancara kerja, jangan berbicara terlalu banyak. Hal ini membuat si pewawancara bisa terus 'menyerang' dengan pertanyaan rumit lainnya. 


Ciptakan citra diri

Anda memiliki sekitar 30 detik untuk membuat kesan pertama. Kesan pertama di dapat dari penampilan Anda. Gunakanlah setelan pakaian kerja yang sopan dengan warna-warna netral. Pastikan juga sepatu Anda bersih. Memiliki portfolio, pulpen dan notes. Datanglah minimal 15 menit sebelum wawancara untuk merapikan rambut dan make-up Anda. Sehingga kesan pertama yang baik bisa segera dibentuk.

Follow-up

Setelah wawancara, segera tulis email ke perusahaan tersebut yang isinya ucapan terima kasih telah diberi kesemapatan untuk bisa interview. Cara ini bisa membuat Anda lebih diingat dan lebih dipertimbangkan untuk lanjut ke fase selanjutnya.

sekian dan terima kasih.

1 komentar:

  1. sory Sob..kalau ada 2 kali komen yang satu ada error di blognya...pokoke asik punya sahabat kayak ente....keren abizzz....!

    BalasHapus