Sabtu, 08 Februari 2014

Waktu Berkualitas Bersama Keluarga cuy :)

Mungkin ada beberapa Sobat yang pada saat Weekend tiba masih mendapatti setumpuk tugas. Tulisan ini kiranya bisa membuat Sobat ingat betapa pentingnya Meluangkan waktu bersama keluarga

Kehidupan kita saat ini yang sibuk dan sering menyita setiap waktu (ya tanpa kita sadari atau tidak), sering kali membuat terlupa untuk menghabiskan sisa waktu yang ada bersama keluarga. Padahal kita tahu bahwa keluarga memiliki peran penting dari hidup kita. Karena keluarga-lah yang sering menjadi pendorong, penyuplai dan penyemangat kita. Karena merekalah yang tak pernah lelah memberi motivasi, dan support terbesar dalam kehidupan kita guna meraih kesusesan, mimpi dan juga karir. Oleh sebab itu, seharusnya waktu-waktu yang ada bersama keluarga harus menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita.

Ditengah padatnya rutinitas harian, kita dapat memanfaatkan waktu berkualitas “quality time” bersama keluarga untuk dapat mempererat hubungan. Quality time atau waktu berkualitas adalah waktu yang kita habiskan untuk melakukan aktivitas yang mengesankan. Dan hal ini memiliki fungsi agar hubungan yang kita jalani bersala anggota keluarga menjadi lebih erat.

Dalam hubungan keluarga, pada saat menikmati waktu berkualitas “quality time” biasanya kita dapat saling berbagi cerita serta kebahagiaan. Hal ini tak lain dan tak bukan agar hubungan dengan keluarga lebih harmonis, lebih erat lagi, dan makin sempurna meski tak mampu fulltime bersama keluarga. Dan berikut beberapa waktu berkualitas yang dapat Mbak Miu berikan, dimana ketika kita mampu manfaatkan dengan baik maka waktu berkualitas “quality time” akan benar-benar berdaya guna untuk keharmonisan keluarga.

Sarapan dan Makan Malam Bersama

Bagi kita-kita yang masih tinggal seatap bersama dengan orangtua, atau yang telah mandiri berumah tangga, usahakan untuk bersama-sama melakukan sarapan pagi apapun menunya. Berbagi cerita, tukar pengalaman dan ide di pagi hari bisa mengawali hari-hari yang ada menjadi lebih baik. Namun apabila kita dan seluruh anggota keluarga belum sempat melakukannya, diwaktu malam kita bisa manfaatkan untuk makan malam atau dinner bersama. Momen seperti ini sangat tepat untuk berbagi kisah seharian, menceritakan berbagai pengalaman pahit ataupun manis dari pagi hingga sore hari, dan bertukar ide lainnya.

Agendakan Liburan Bersama

Janagan pernah menyepelekan liburan bersama keluarga meskipun sesaat dengan biaya yang murah meriah. Liburan tak selamanya mewah serta mahal, bahkan dengan modal dengkul atau tanpa uang sepeserpun kita dapat brlibur dengan menyenangkan serta optimal. Ketika seharian kita beraktifitas, ketika sepekan bahkan sebulan lebih kita di sibukkan dengan tutinitas seta kerjaan. Lburan akan mencairka sasana, mengendorkan pikiran serta menjadi obat rindu seluruh anggota keluarga. Karena itu agendakanlah meskipun sejenak, meski jarak dekat dan murah meriah.

Berikan Waktu Khusus Untu Keluarga

Ada pengalaman menarik dari keluarga Alm. Uje atau Ustadz Jefri Al Bukhari yang patutlaya kita ambil pelajarannya. Meskipun memiliki aktifitas padat merayap, semasa hidupnya Uje selalu memberikan waktu khusus untuk kelurganya (satu, dua atau bahkan tiga hati dalam sepekan). Dan hal seperi ini memiliki dapak positif yang spektakuler bagi seluruh anggota keluarga, termasuk berkenaan dengan psikologi anak kepada orang tua, sahabat, tetangga dan saudaranya.

Jangan ragu matikan gadget ketika bersama keluarga

Mekipun saat ini gadget bolh jadi menjadi bagian dari gaya hidup serta kehidupan kita. Jangan sampai karena sibuknya beraktifitas dengan gadget justru mengganggu masa-masa produktif bersama keluarga. Tak ada salahnya kita matian sesaat atau kita silent sebentar dan tinggakan gadget untuk bercengkrama bersama anggota keluarga. Tak inginkan ketika anak, istri dan suami serta keluarga lainnnya asyik berdiskusi tiba-tiba gadget berbungi dan membuat ati keasyikan komunikasi serta diskusi ?

Karena itulah mari bersama-sama kita desain kegiatan dan waktu kita untuk wujudkan kehidupan yang lebih baik. Boleh saja kita sibuk, namun jangan sapai kita terlalu sibuk dalam mengejar materi duniawi, lantaran hidup sebagaimana mengendarai sepeda. Seelalu dan selalu di butuhkan keseimbangan serta konsentrasi dalam mengendarainya agar terus berjalan. Dan keseimbangan, hal inilah yang harus kita upayakan dengan memulainya mendesain hubungan keluarga yang harmonis, supaya hidup makin aerodinamis, dan support keluarga untuk raih kesuksesan tak pernah menipis.

Terima Kasih untuk inspirasinya : Mbak Miu

"Your Family and your love must be cultivated like a garden. Time, Effor, and Imagination must be summoned constantly to keep any relationship flourishing and growing." -Jim Rohn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar